10 months ago

Casa Grande.jpg

Klasifikasi apartemen berdasarkan pada sistem kepemilikan (Chiara, 1986) yaitu :

•Apartemen Sewa Casa Grande. Apartemen sewa yaitu apartemen yang dimiliki oleh perorangan atau satu tubuh usaha dengan yang membuat dan membiayai operasi serta perawatan bangunan, lantas penghuni membayar uang sewa dengan harga dan periode saat khusus.

•Apartemen Beli Casa Grande. Apartemen yang dimiliki oleh perorangan atau satu tubuh usaha dengan unit-unit apartemen yang dijual pada beberapa orang dengan harga dan periode saat khusus. Kepemilikannya lagi dapat dibedakan lagi sebagai berikut :

�'Apartemen miliki dengan (cooperative) Apartemen yang dimiliki dengan oleh penghuni yang ada. Tanggung jawab pengembangan gedung jadi tanggung jawab semua penghuni yang ditangani oleh koperasi. Penghuni memiliki saham sama seperti unit yang ditempatinya. Jika penghuni geser, ia dapat jual sahamnya pada koperasi atau calon penghuni baru dengan perjanjian koperasi. Biaya operasional dan pemeliharaan ditanggung oleh koperasi.

�'Apartemen miliki perseorangan (condominium) Apartemen yang unit-unit rumahnya dapat dibeli dan dimiliki oleh penghuni. Penghuni mesti membayar service apartemen yang mereka gunakan kepada pihak pengelola.

Apartemen Casa Grande Berdasarkan pada Tipe Pengelolaannya. Berdasarkan pada tipe pengelolaannya, ada tiga tipe apartemen (Akmal, 2007), yaitu :

•Serviced Apartemen. Apartemen yang dikelola dengan detil oleh manajemen khusus, biasanya serupa langkah pengelolaan satu hotel, yaitu penghuni peroleh service ala hotel bintang lima, misalnya unit berperabotan lengkap, housekeeping, service kamar, laundry, business centre.

•Apartemen Perseorangan Casa Grande (Condominium). Apartemen ini biasanya apartemen yang menawan. Apartemen itu dapat dimiliki jadi miliki perseorangan. Biaya perawatan dan service dibayarkan pada pengelola apartemen.

•Apartemen Miliki Dengan (Cooperative). Tipe apartemen ini biasanya dimiliki oleh semua penghuni yang ada didalam apartemen itu. Sampai mulai dari perawatan, tanggung jawab dan service semua jadi tanggung jawab dari penghuni yang ada di dalam apartemen itu.

Apartemen Berdasarkan pada Penghuni. Berdasarkan pada Penghuninya, tipe apartemen dapat dibagi jadi empat (Savitri dan Ignatius dan Budihardjo dan Anwar dan Rahwidyasa, 2007), yaitu :

•Apartemen Keluarga. Apartemen ini dihuni oleh keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anaknya. Bahkan sering orang-tua dari ayah atau ibu tinggal dengan. Terdiri dari dua hingga empat kamar tidur, belum juga termasuk juga juga kamar tidur pembantu yg tidak selalu ada. Biasanya dilengkapi dengan balkon untuk jalinan dengan dunia luar.

•Apartemen Lajang/Mahasiswa. Apartemen ini dihuni oleh pria atau wanita yang belum menikah dan biasanya tinggal dengan rekanan mereka. Mereka menggunakan apartemen jadi tempat tinggal, bekerja, dan beraktivitas lain di luar jam kerja.

← Hello World Apartemen Casa Grande Tower Angelo →